Manfaat Propolis

PropolisPropolis adalah salah satu dari empat produk lebah yang terkenal. Tiga produk lebah terkenal lainnya adalah madu (honey), bee pollen dan royal jelly. Propolis adalah sejenis cairan produk lebah yang berasal dari berbagai pucuk daun tumbuhan yang dicampur dengan air liur lebah. Propolis berfungsi untuk melindungi dan mensterilkan sarang lebah dari gangguan virus, kuman, bakteri dan jamur. Propolis ibarat “benteng” alami yang bersifat anti bakteri (disinfectan) yang membunuh semua jenis bakteri.

Kandungan Propolis

Propolis memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan kompleks. Terdapat  lebih dari 300 unsur penting yang terkandung dalam propolis. Diantaranya adalah : flavanoids, chalcones, dehydrocalcones, asam alipatik dan ester lainnya, asam alipatik rantai panjang, minyak volatil rantai pendek, asam aromatik dan ester lainnya, asam benzoik dan turunannya, aldehida, senyawa alkohol, asam sinamat dan turunannya, ketine, phenol, asam amino, vitamin, dan mineral.

Bila diurai, maka dihasilkan gambaran kandungan propolis secara kuantitatif kurang lebih sebagai berikut:

1. 55 % getah

2. 7,5 – 35 % lilin

3. 10 % minyak esensial

4. 5 % pollen

5. 5 % asam amino

6. 4,4 – 19 % minyak terbang

Manfaat Propolis Bagi Manusia

Sebagaimana diketahui propolis memiliki kandungan yang sangat lengkap dan bermanfaat untuk  kesehatan. Propolis bisa dimanfaatkan untuk meyembuhkan berbagai penyakit pada manusia.

Propolis memiliki lebih dari 60 manfaat positif bagi tubuh manusia.  Manfaat propolis yang positif itu diantaranya : mengaktifkan makrofage, menghambat pertumbuhan sel tumor pada usus besar, efek pembekuan darah, alergy, anti mikro organisme yang tahan terhadap asam, anti alergi, anti bakteri, anti biotik, anti jamur, anti depresi, anti pendarahan, anti herves, anti infeksi, disinfectan, anti pembengkakan, anti leukimia, anti TBC, anti oksidan , anti kejang, anti stress, anti septik, anti virus, menurunkan efek buruk akibat alkohol dan rokok, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol darah, menghaluskan kulit, anti glaukoma, menurunkan resiko pecahnya pembuluh darah, menurunkan efek negatif penyinaran kanker, anti radiasi matahari, meningkatkan biosintesa protein.

Merujuk pada berbagai pendapat para ahli, berikut ini adalah beberapa manfaat propolis menurut mereka :

  1. Propolis bermanfaat dalam mengaktifkan kelenjar thymus yang berfungsi sebagai sistem imunitas tubuh (John Diamond MD)
  2. Propolis sebagai anti biotik alami yang bermanfaat melawan berbagai macam penyakit tanpa efek samping (Ray Kupinsel)
  3.  Propolis bermanfaat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur (Prof. Arnold Becket)
  4. Propolis mengandung zat anti biotik alami dan anti viral, vitamin, asam amino, mineral yang sangat berkhasiat untuk penyakit mulut, tenggorokan (Russia Research Team)
  5. Propolis berkhasiat untuk penyakit kandungan lemak tinggi dalam darah dan untuk penyakit jantung (Dr. Fang Chu, dari Lien Yu Kang Hospital Tiongkok)
  6. Propolis mengandung zat CAPE (Cafeic Phenetyl Esther) yang berkhasiat mematikan sel kanker. Dengan pemakaian zat CAPE secara teratur selama 6 bulan dapat mereduksi kanker sebanyak 50% (Columbia Cancer Research Institute, 1991)
  7.  Bioflavanoid yang terkandung didalam propolis berkhasiat menurunkan radikal bebas akibat polusi, bahan pengawet dan bahan kimia lain yang masuk ke dalam tubuh. Kemampuan kerja bioflavanoid ini setara dengan kemampuan 500 buah jeruk (Dr. K. Lund Aagaard, dalam karyanya “ Propolis, Natural Substance, the way to health”)

Manfaat Propolis Lainnya

Zaman modern identik dengan lingkungan tempat tinggal yang makin kurang sehat. Berbagai polutan mencemari udara yang kita hirup, air yang kita minum, dan makanan yang kita makan. Itu semua dapat menimbulkan berbagai penyakit. Propolis yang mengandung ekstrak propolis sebesar 20% dan kandungan bioflavonoid lebih dari 23000  ppm pada setiap 100 ml nya adalah produk yang tepat untuk membantu memperbaiki daya tahan tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat propolis lainnya :

1. Propolis sebagai antibiotik, antivirus dan anti jamur alami tanpa efek samping.

2. Propolis bermanfaat mengobati penyakit yang berhubungan dengan bakteri, misalnya: thypus, diare / muntaber dan sebagainya.

3. Propolis bermanfaat mengobati penyakit yang berhubungan dengan virus, misalnya demam berdarah, flu, TBC dan sebagainya.

4. Propolis bermanfaat mengobati penyakit yang berhubungan dengan jamur, seperti eksim, panu, keputihan, ketombe, dan sebagainya.

5. Propolis sebagai obat anti peradangan (infeksi dan luka), seperti bisul, luka, sakit tenggorokan, congek, sakit gigi, radang ginjal, luka bakar dan sebagainya.

6. Propolis sebagai obat anti-kanker dan sel yang bermutasi, seperti kanker, tumor, mioma, kista, dan sebagainya.

7. Propolis berkhasiat untuk membersihkan pembulu darah dan detoksifikasi.

8. Propolis berfungsi sebagai pembuangan racun, seperti asam urat, kolesterol, trigliserin, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes mellitus, dan sebagainya.

9. Propolis juga dapat mengobati penyakit seperti ateriosklerosis atau pengapuran pembuluh darah oleh lemak, berbagai infeksi, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, penyakit syaraf, arthritis dan rematik.

10. Propolis berkhasiat sebagai penetral racun dalam tubuh dan pada saat yang sama berfungsi sebagai  anti-oksidan kuat.

11. Propolis berkhasiat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

http://info-kesehatan.net/manfaat-propolis-bagi-kesehatan/

Tuliskan komentarmu di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s